Top
    bdkaceh@kemenag.go.id
(0651) 34088
Balai Diklat Keagamaan Aceh Siapkan Diklat Jarak Jauh

Balai Diklat Keagamaan Aceh Siapkan Diklat Jarak Jauh

Senin, 6 April 2020
Kategori : Berita
315 kali dibaca

BANDA ACEH- (Nazarullah ZA). Dalam suasana Kerja Work From Home berdasarkan Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia selama masa waspada Covid-19, Balai Diklat Keagamaan Aceh akan merancang Diklat Jarak Jauh (DJJ). Hal ini disampaikan Kepala Balai Diklat Keagamaan Aceh Soni Sofian, SE, M.Pd Kepada semua ASN BDK Aceh saat melakukan Meeting melalui Zoom Cloud beberapa hari yang lalu.

Meeting yang diikuti oleh semua ASN dan Widyaiswara BDK Aceh, dipimpin langsung oleh Soni Sofian. Dalam arahan meetingnya,. Soni  mengajak semua ASN,  NP-ASN dan Widyaiswara untuk mempersiapkan Diklat Jarak jauh dengan matang agar dapat  diadakan pada bulan April 2020. Diklat apa saja dan media apa yang akan digunaka dalam DJJ ini, nantinya akan disampaikan secara kusus dalam meeting selanjutnya dengan panitia Diklat yang dibentuk.

Dalam pelaksanaan DJJ nantinya, kepada peserta akan diberikan waktu 3 (Tiga) hari untuk belajar mandiri dengan membaca atau menela'ah materi atau video yang akan disiapkan oleh Widyaiswara yang mengampu mata Diklat.  Setelah bahan ajar dipelajari, baru selanjutnya dilakukan pembelajaran melalui live chating, dan harapannya, dalam masa 15 hari Diklat yang dilangsungkan akan tuntas, ujar Soni Sofian.

Namun demikian, berdasarkan hasil arahan Kepala BDK Aceh dalam meeting tersebut, Humas  dan Protokol BDK Aceh Nazarullah, S.Ag, M.Pd menyampaikan kepada tim redaksi wibsite BDK Aceh bahwa, Diklat Jarak Jauh direncakan mulai  berlangsung sekitar minggu ke tiga bulan April 2020. Rata-rata diklat yang dipilih adalah Diklat yang 60 jam pelajaran dengan menggunakan media seperti google classroom atau sistim daring.

Karena DJJ yang dilakukan dengan menggunakan media IT, maka secara otomatis, peserta pun diharapkan dipilih oleh kemenag kabupaten/Kota adalah ASN atau Guru yang mampu dibidang ICT. Bila peserta yang dipilih kurang kemampuan dibidang ICT, otomatis Diklat yang diikuti juga tidak akan berjalan maksimal.

Tidak maksimalnya Diklat yang dimaksud adalah, jika kemampuan IT nya kurang, maka peserta Diklat tidak bisa menyelesaikan tugas-tugas nantinya yang akan diberikan oleh para Widyaiswara. Live chating peserta Diklat dengan tenaga pengajar sangat menentukan kelulusan. Karena kehadiran dan partisipasi peserta diklat saat live chating berlangsung, akan menjadi penilaian prioritas.

Dalam pelaksanaan DJJ ini, Balai Diklat Keagamaan Aceh mengikuti pola yang dilakukan oleh LAN.  Setelah serentetan kegiatan diikuti peserta Diklat, akan dilakukan evaluasi, dan dari hasil evaluasi inilah nantinya akan diberikan sertifikat kelulusan yang diberi nama dengan STTPP yang ditandatangani oleh Kepala BDK Aceh.

Uji coba Diklat Jarak Jauh pada minggu ke tiga April 2020, direncanakan akan berlangsung  3 Diklat. Masing-masing 2 Diklat Teknis pendidikan yaitu Diklat Tematik dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan 1 Diklat Administrasi yaitu perpustakaan. Di penghujung arahan dalam live meeting, Soni Sofian mengajak kerja sama yang baik antara pengelola SIM Diklat Kemenag di Kabupaten/Kota dengan pengelola SIM Diklat BDK Aceh, karena kerja sama ini sangat menentukan suksesnya uji coba tiga Diklat dalam minggu ke 3 bulan April 2020 ini.


Sumber :

Penulis :

Editor :

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP