Top
    bdkaceh@kemenag.go.id
(0651) 34088
Kapusdiklat Kementerian Agama Sampaikan Materi Pelatihan Pembangunan Bidang Agama

Kapusdiklat Kementerian Agama Sampaikan Materi Pelatihan Pembangunan Bidang Agama

Rabu, 25 Agustus 2021
Kategori : Berita
91 kali dibaca

Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Dr. H . Imam Safe'i, M.Pd menyampaikan materi Pembangunan Bidang Agama kepada peserta pelatihan di wilayah kerja (PDWK) secara virtual dari Jakarta, Rabu (25/8/2021). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan (BDK) Aceh yang diikuti oleh peserta dari tiga angkatan PDWK secara virtual di masing-masing wilayah kerja.    

Tiga angkatan PDWK tersebut yaitu Pelatihan Pelayanan Publik di kota Lhokseumawe, Pelatihan Penyuluh Agama Islam Non PNS di Kabupaten Aceh Utara, dan Pelatihan Guru PAI SD di Kabupaten Aceh Timur. Masing-masing angkatan berjumlah 40 peserta pelatihan.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Balai Diklat Keagamaan Aceh, Drs. H. Muhammad Halomoan, M.Pd bertindak sebagai Moderator di Kabupaten Aceh Utara bersama pejabat struktural dan fungsional BDK Aceh, Widyaiswara BDK Aceh, panitia pelatihan PDWK dan peserta pelatihan.

Dalam kesempatan itu, Kapusdiklat menyampaikan materi pembangunan bidang agama diantaranya adalah terkait dengan relasi negara dan agama. “Kita adalah bangsa Indonesia. Indonesia adalah bukan negara sekuler yang memisahkan negara dan agama, tetapi juga bukan negara agama (teokratis) yang menjadikan agama sebagai dasar negara, tetapi kita sudah komitmen menjadikan negara pancasila yang membina dan memfasilitasi umat beragama,” ujar Imam Safe'I di Jakarta, Rabu (25/8/2021).

Lebih lanjut Imam Safe'I menjelaskan, mencintai agama adalah wujud ketaatan kita beragama. Mencintai negara adalah bentuk kesadaran berbangsa. Pancasila memberikan landasan untuk mencintai keduanya. “Ini warisan para leluhur bangsa kita, pendiri bangsa kita yang terbukti mengantarkan menjadi bangsa Indonesia yang hebat, bangsa Indonesia yang bersatu, bangsa Indonesia yang utuh, dan ini menjadi kebanggaan kita semua,” kata Kapusdiklat secara virtual. (AR)


Sumber :

Penulis :

Editor :

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP